21/04/13

Metode Menghafal Alquran Terbaik Terdapat di Maroko

Penduduk muslim di Maroko dalam upaya menghafal surat Alquran ternyata dengan cara yang khas. Penghafalnya akan menulis ayat alquran yang akan dihafal pada papan tulis – Indonesia mengenalnya dengan istilah lauh. Papan tersebut berukuran kurang lebih 50 cm yang berbentuk persegi panjang. Agar memudahkan dalam menulis ayat-ayat Alquran papan tersebut diberi beberapa garis.

Calon penghafal atau hafidz biasanya merupakan penduduk yang berada di sekitar lingkungan masjid. Mereka rutin menulis semua ayat Alquran yang hendak dihafalnya setiap hari. Alat tulis yang digunakannya adalah sebuah pensil yang terbuat dari bambu dengan tinta khusus. Di sinilah para penghafal memulai menorehkan beberapa ayat yang dihafalnya pada sebuah papan tulis yang telah disediakan.

Sebagian penghafal menuliskan sebanyak 5 sampai 50 ayat tergantung tingkat kemampuan atau yang dinginkan. Setelah itu papan dipenuhi dengan ayat Alquran yang akan dihafalkan. Selanjutnya adalah tugas sang guru untuk meneliti dan memeriksa kemudian mengoreksi hasil tulisan para calon hafidz yang tengah menghafal.

Lalu para guru menghitung kebenaran hafalan santri. Yang terakhir semua tulisan dicek untuk hasil akhir sebelum menghafal dimulai dan santripun mulai membaca dengan di ulang-ulang dengan posisi badan menghadap ke papan tulis. Demikianlah sekilas tentang, "Metode Menghafal Alquran Terbaik Terdapat di Maroko".

Sumber : forum.kompas.com


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More